Gratisan: Buku saya – My Journey Begins

Hai! 🙂

Postingan dalam bahasa Indonesia nih sekarang. Ceritanya bulan Maret tahun 2014, tahun lalu, saya menerbitkan buku saya berjudul ‘My Journey Begins’ di nulisbuku.com. Sudah mau setahun nih. Niat mempublikasikan buku saya itu nggak lain ingin berbagi tulisan saya tentang pengalaman-pengalaman saya mengadakan beberapa perjalanan di sedikit negara yang pernah saya tinggali atau kunjungi. Sekalian untuk melatih diri terus menulis, dan belajar menerbitkan buku.

Begini nih penampakan sampul depan dan sampul belakangnya, karya teman saya Hervina Dyah. My Journey Begins-Nelda-Sampul Lengkap

Untuk sedikit merayakan hampir setahun diterbitkannya buku ini, saya ingin berbagi dengan teman-teman seluruh Indonesia, yang belum sempat membaca buku ini. Ada 30 buku yang ingin saya bagikan berdasarkan wilayah tempat tinggal kalian. Yaitu 5 buku untuk yang tinggal di Sumatera, 5 buku untuk Kalimantan, 5 buku untuk Sulawesi, Maluku dan Papua, 5 buku untuk Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur, 5 buku untuk Jawa dan Madura, dan 5 buku untuk Jabodetabek. Caranya?

1. Kamu tulis di komen di bawah, nama, pekerjaan (atau sekolah/kuliah), dari wilayah mana kamu berasal (sesuai pembagian yang saya tulis di atas).

2. Tuliskan satu rencana pencapaian yang ingin kamu raih di tahun 2015 ini, baik itu pencapaian di sekolah, kuliah, kerja, aktivitas lainnya, perjalanan, dan bagaimana kamu mencapainya. Tujuannya: Menginspirasi pembaca lainnya.

Itu aja! Mudah kan?! Saya tunggu komennya hingga 2 minggu ke depan (deadline 24 Februari 2015)! Iya nggak usah lama2, biar bukunya segera tersebar. 🙂

Kalau kamu nggak sabar nunggu 2 minggu utk dapetin bukunya, langsung beli aja di sini –> My Journey Begins harganya 35 ribu atau langsung kontak saya di twitter @neldisk  ^^

22 thoughts on “Gratisan: Buku saya – My Journey Begins

  1. Namaku Retno Widiasuci, pekerjaan di bidang impor, dari wilayah Jabodetabek, pencapaianku tahun ini di dalam pekerjaan ingin agar mendapatkan promosi sebagai Kasie Forwarding, semoga harapan dan pencapaian saya tahun ini bisa terwujud, amiiinn

  2. 1. Tia Meliyanti, Pelajar kelas X di SMK YARSI MEDIKA, tinggal di Tangerang (Jabodetabek)
    2. Pencapaian yang pengen aku capai yaitu:
    ● Sikap membagi waktu. Tau sendiri kan kalo pegang HP sampe malem juga kuat. Apalagi nge-stalk-in orang *eh. Atau lagi coba-coba ikutan kuis, *nah. Bisa butuh waktu lama tuh. Sementara kalo belajar, lima menit aja udah tepar. Ngantuk! Nah dari situ aku pengen ngubah sikapku. Sedikit juga yang penting ada hasil kan? Lama lama bisa jadi bukit tuh. Istilahnya harus di rehabilitasi *eh. Nge-porsir waktu belajar dan online. InsyaAllah. Kalo inget ada kuis, pasti online-nya ampe subuh. ANDWAE!!
    ● Disiplin. Nah!! Sikap ini yang kudunya nancep permanen. Disiplin solat subuh tepat waktu *eh. Aku sering telat. aduh!! Malu deh. Mulai dari rukun iman, nanti merembet ke disiplin lainnya. InsyaAllah.
    ● Dan the last. MALAS! Rasanya pengen angkat tangan. Tapi kenapa enggak kalo mencoba yakan? Malas pas belajar, malas pas bantu bantu mamah. Yang bagus tuh, Malas ngeliat si itu…? *Abaikan!
    Mereka semua ribet sebenernya. Aku mau coba dikit dikit. Kalo ada rehabilitasi malas mungkin seru :3, semoga bermanfaat. Aku juga masih berusaha lhoo.. ayo bareng bareng ^ ^

  3. Ini Fatimatus Zahroh, mahasiswa SI dari Kudus Jawa Tengah. Sebenarnya aku bukan tipe orang yang suka ‘pamer’ mimpi haha aku lebih suka nyimpen dan usaha diam2. Tapi demi buku kece ini *karena diem2 aku punya mimpi keliling eropa xD* aku bakal share mimpiku tahun ini.
    pengen nulis novel! caranya bertahap. aku ingin lulus nerbitin cerpen di koran dulu! kalau cerpenku udah keterima aku bakal lebih percaya diri masuk ke jenjang yang lebih tinggi, nulis yang lebih panjang, novel! 😀

  4. Halo Mbak Nelda yang baik,

    1. Nama : Rina Susanti
    Pekerjaan : PNS
    Asal wilayah : Kalimantan

    2. Salah satu capaian yang paling ingin saya wujudkan tahun 2015 ini adalah:
    Menulis buku catatan kelucuan dan pengalaman hidup ayah dan ibu saya sebagai hadiah perkawinan ke-45 pada 1
    Januari tahun depan.
    Ide ini sudah sekitar 5 tahun belakangan coba saya wujudkan, waktu itu menjelang ulang tahun perkawinan ke-40 tetapi
    karena saya selingi dengan pekerjaan lain, sehingga belum juga bisa. Saya sudah mengumpulkan bahan dengan
    menuliskannya di mana saja waktu ide datang (oleh sebab itu selalu ada buku dan pulpen di tempat yang paling sentral di
    rumah yaitu rak teve), dan karena saya tidak tinggal dengan orang tua dalam jangka waktu lama maka obrolan pada
    waktu berkunjung atau bertelepon saya mendapatkan banyak info dan ide, selebihnya saat saya teringat peristiwa atau
    setelah melihat atau membaca sesuatu. Ide dan info tersebut saya ketik dan kumpulkan di satu folder komputer, serta
    tidak lupa mencadangkannya di penyimpan file. Saya sudah menuliskannya, dan mencoba unggah di blog atau facebook,
    tetapi keterbatasan waktu akibat pekerjaan dan fasilitas internet yang cukup (maklum di perbatasan ehe…), menjadikan
    blog tersebut belum berhasil saya isi. Tekat dan manajemen waktu saya harus diperbaiki. Insya Allah ibu akan
    menunaikan ibadah haji tahun ini, mohon Allah SWT memudahkan perjalanan beliau nanti, cerita-cerita baru beliau akan
    memperkaya nanti. Semoga capaian ini dipermudah oleh Allah SWT, dan bisa diwujudkan dalam bentuk buku yang
    diterbitkan. Demikian juga dengan capaian Mbak Nelda. Amin.

    Salam dari Kalimantan Utara, — Rina —

  5. 1. Asih, Pns , Kalimantan
    2. Mendampingi anak2 dengan lebih sabar, caranya lebih banyak “dekat” dengan Alloh. khususnya tahun ini
    pingin menjadi kawan yang baik untuk anak abege ku.

    o.k mb Nelda, asih tunggu ya bukunya.

  6. Nama : Nani
    Pekerjaan : Mengabdikan diri pada keluarga sembari menemukan pekerjaan (baca : [masih] jobless) hehehe 🙂
    Domisili : Medan

    Banyak yang ingin saya capai di tahun ini, namun karena Mbak Nelda menyebutkan kata ‘satu rencana pencapaian’ maka rencana pencapaian saya yang paling prioritas adalah memperoleh pekerjaan yang sesuai passion. Saya senang membaca serta menulis, hingga bercita-cita ingin dapat bekerja di sebuah penerbitan mayor, sebagai seorang penyelaras aksara atau editor. Untuk itu saya mulai mempelajari lagi bagaimana tata bahasa baku dalam penggunaan kalimat sesuai EYD. Bagaimana caranya membuat sebuah kalimat yang efektif, dll. Syukurlah sekarang sering bermunculan semacam kompetisi untuk menulis – baik cerpen, puisi – memperbaiki tulisan, dengan iming-iming hadiah paketan buku. Saya senang mengikutinya. Sambil menyelam minum air, sembari belajar untuk terus menulis, jika beruntung saya akan memiliki wawasan tambahan dengan hadiah buku yang diterima.

    Terima kasih atas kesempatannya Mbak Nelda 🙂

  7. Nama: Hanny
    Pekerjaan: pelajar SMA tingkat akhir
    Wilayah: jatim

    Pencapaian yg pengen diraih di 2015 ini?

    Yg jelas kuliah! Kuliah dimana? Fakultas kedokteran.
    Too mainstream isn’t it? Iya emang. Siapa sih yg gak mau masuk kedokteran. Tapi saya dari jurusan ips, yg awalnya hopeless banget gimana caranya biar bisa kuliah di kedokteran (yg bukan swasta). Saya pernah kok tulis betapa messednya saya bagi waktu antara belajar ips dan ipa untuk persiapan kuliah di blog pribadi saya. Feel free buat baca hehe. Banyak juga orang yg hanya saya kenal di dunia maya yg kagum dengan kejumpalitan saya belajar. Saya juga ada rencana menceritakan dan membagi cerita itu untuk dituangkan dalam sebuah buku, karena saya pikir memang sudah banyak orang2 disekitar saya yg merasa terinspirasi atas cerita hidup saya, walaupun belum tau saya ketrima di kedokteran mana atau bahkan tidak sama sekali (naudzubillah jangan sampe). Sudah banyak draft yg semburat, terutama di path saya yg berisi jalan cerita hidup saya, yg saya yakin bisa bermanfaat untuk orang lain, walau sedikit. Hanya saja saya belum bisa pastikan kapan merealisasikan keinginan membukukannya karena untuk tahun ini saya mau fokus ujian dan persiapan masuk kuliah. Mohon doanya ya mbak 🙂

    Terimakasih atas kesempatan menjawabnya

  8. Nama : Cici Wulan Ramadhani
    Masih sekolah kelas 2 SMK
    Dari wilayah Jawa Timur.
    Yang ingin aku raih ditahun 2015 sangat banyak, namun inilah beberapa keinginanku yang dapat ku tuliskan
    -Selesai PSG dengan nilai yang memuaskan, naik kelas 3 dapat nilai baik.
    -Dapat menerbitkan buku, walaupun aku baru belajar menulis di awal tahun 2015 ini, dan semoga semua naskah yang aku ikutkan event bisa lolos.
    -ga lupa, membahagiakan orang yang ada disekitarku selagi aku mampu.
    Aamiin, semoga tercpai keinginanku 🙂

  9. Lanjutan
    Caraku untuk meraih keinginaku
    -PSG dengan sungguh-sungguh, menaati semua peraturan di tempat PSG, tak lupa belajar dengan rajin.
    -belajar menulis dari kakak-kakak yang sudah berpengalaman menulis dan aku mencoba ikut event menulis, dan alhamdulillah telah ada 3 naskah yang lolos untuk buku antologi.
    -Dengan membantu orang lain hal itu akan membuat orang lain bahagia, walau sekecil apapun bantuan kita.

    Demikian yang dapat saya bagikan.
    Mohon maaf jika terlalu panjang.
    Terima kasih 🙂

  10. Nama saya Sarah dari Bogor…Saat ini kuliah tahun terakhir, jadi tentu saja pencapaian yang ingin saya raih tahun ini adalah lulus dengan nilai yang memuaskan 🙂 tak lupa juga ingin segera memulai perjuangan menjadi scholarship hunter ke LN untuk intake 2016 ^^ untuk persiapannya sekarang lagi persiapan skripsi dan les preparation bahasa Inggris… Tak lupa sambil berdo’a tentu saja hehehe
    Salam kenal 😀

  11. Terima kasih semuanya yang sudah berpartisipasi. Dan terima kasih sudah berbagi tentang rencana pencapaian kamu di tahun 2015 ini. Semoga segala keinginan yang baik terwujud di tahun ini ya! ^^ Saya akan hubungi per email. Ditunggu! 🙂

  12. Halo,
    Kalau saya ikutan untuk mendapatkan buku diatas secara gratisan, pasti saya tidak akan memenuhi persyaratan diatas, maklum saya tidak tinggal di Indonesia bagian manapun, dan komen ini saya tulis sesudah batas waktu yang ditetapkan.
    However, saya tetap ingin menuliskan pencapaian yang ingin saya lakukan di tahun 2015 ini: yaitu ingin menerbitkan buku saya sendiri. kalo boleh tau apa yang membuat Nelda berani menerbitkan buku sendiri (indie)?

    • Hehe iya, batas waktunya sudah lewat 🙂 Kenapa berani? Kenapa nggak? 🙂 Aku beberapa kali dengar tentang self-publishing alias menerbitkan sendiri, dan aku pikir ya kenapa nggak coba, lahan untuk belajar lah, ya menulis, mencari editor, mencari yg disain cover, dan jualan buku. 😀

      • disain cover di desainin orang atau desain sendiri? ISBNnya di peroleh dari nulisbuku.com ya? bagaimana dengan jumlah minimal yang diterbitkan?

      • Aku ada teman baik yg aku tau kreatif, dan ternyata hasilnya bagusss 😀 Self-publishing setauku akan dicetak sesuai jumlah pesanan. 🙂 ISBN bisa diproses, iya.

Leave a Reply

