Izhevsk

Kalau dibandingkan kota-kota di Rusia lainnya yang saya kunjungi, Izhevsk memang tidak terlalu spesial. Tetapi jadi spesial karena kebetulan saya punya teman seorang Muslimah disini. Elmira, namanya. Kami kontak melalu email beberapa bulan, sebelum saya bisa berkunjung ke Rusia, musim panas 2002. Selama di Izhevsk, saya tinggal di apartemen ibu mertuanya. Mereka sangat menyambut kedatangan saya. Ketika baru tiba di stasiun, Elmira sampai masuk ke kereta untuk mencari saya (sampai terharu). Ketika di apartemen, ibu mertuanya sempat mengajak saya sholat berjamaah, tapi sayang saya sedang tidak sholat saat itu. Hal yang lain yang bikin terharu, yaitu nenek Elmira sampai bela-belain datang dengan naik bis dari rumahnya untuk bertemu dengan saya. Sebelum pulang, beliau malah sempat memberi beberapa helai kain khas Rusia yang bisa dipakai untuk jilbab dan juga beberapa Rubel (mata uang Rusia), wiiih berasa cucunya aja nih^_^

Saya sempat berkunjung ke museum Izhevsk. Ketika saya berkunjung, tampak sepi. Tapi dibandingkan rata-rata museum di Jakarta, museum ini cukup informatif (jadi ingat Museum Sejarah Jakarta yang dulu disebut Museum Fatahillah, yang isinya sampai sekarang saya bingung: apa yang bisa dipelajari yah?). Yang saya ingat, di museum Izhevsk ada informasi mengenai situasi sewaktu mereka masih di bawah pemerintahan komunis. Termasuk sebuah surat dari satu anak Uni Sovyet yang berkorespondensi dengan teman se-‘komunis’nya di Jerman Timur. Menarik.

Yang nggak kalah menariknya adalah Museum Kalashnikov. Familiar namanya? Iya, Kalashnikov yang merk senjata itu loh. Merknya kan diambil dari nama orang yang menciptakan senjata itu, dan orangnya masih hidup, tajir dari produksi senjata itu. Ini dia, asalnya dari kota Izhevsk ini. Museumnya sih kecil aja. Tapi kan yang penting bagaimana menghargai sejarah itu loh… Patut ditiru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s